LINTASIANA

↑ ,

Kualitas Konten Mengalahkan Kuantitas?

Rekan netter yang saya cintai, senang rasanya bersua hari ini. Hari yang ceria dan membahagiakan. Kali ini saya akan ngobrolin masalah Kualitas konten mengalahkan kuantitas. Kalau ada pernyataan yang mengatakan bahwa kualitas mengalahkan kuantitas boleh jadi merupakan pernyataan yang tepat.

Tepat disini dalam arti kata bahwa kualitas konten blog akan lebih baik ketimbang kuantitas blog yang cuma copas atau duplikasi blog orang lain . Para blogger pasti setuju. Karena blog yang mempunyai konten berkualitas akan di gemari sekaligus memanjakan pembaca setianya. Seorang blogger senior pernah mengatakan janganlah sekali-kali kita mengecewakan pengunjung blog kita karena itu tidak baik dan merugikan pemilik blog. Karena jika pembaca kecewa otomatis tidak akan kembali mengunjungi blog kita. Kembali ke masalah konten  tadi, konten yang berkualitas tadi biasanya akan berdampak pada peningkatan rating dan ranking blog kita. Dengan naiknya rating dan ranking blog kita maka secara berangsur-angsur pengunjung kita pun meningkat , apalagi jika isinya bermanfaat maka pengunjung tersebut tidak akan segan bolak-balik ke blog kita syukur-syukur jika ia merekomendasikan blog kita keteman kita maka Alhamdulillah.

Biasanya rating dan rangking blog kita di ukur dengan meningkatnya Page Rangking (PR) yang nilainya dari 0-10. Semakin tinggi nilai PR blog kita maka akan semakin baik. Satu lagi web yang mengabdikan diri pada perangkingan blog adalah Alexa. Berbeda dengan PR maka si Alexa membuat notasi rangking dengan angka yang dimulai angka jutaan sampai angka satuan. Semakin kecil angka yang ditunjukan maka semakin baiklah dan ramailah blog itu.

Kualitas konten blog dan orisinil sangat di sukai Google, sebab Google benci konten baik tapi jiplakan alias Copas.Walaupu begitu kita tetap harus memperhatikan kontuinitas posting, karena posting blog kita walaupun berkualitas tapi cuma satu naskah ya percuma juga.

Tetapi kadang kala konten berkualitas tidak selalu mengundang banyak pengunjung , karena jika konten kita baik tapi tidak di mengerti pembaca juga akan mengurangi minat pembaca. Contoh konten tentang kedokteran bedah walaupun baik tentu tidak semua orang memahaminya. Artinya kita ditantang membuat konten berkualitas tetapi dapat di pahami semua pihak baik isi maupun bahasanya. Tidak mudah memang tetapi harus kita coba.

Ada juga memang blog dengan kualitas yang biasa-biasa saja tetapi ramai dikunjungi orang, mengapa? Karena mungkin jumlah postingannya yang banyak. Jika satu hari ia dapat membuat 10 postingan berapakah jumlah postingannya sebulan? Jadi dari sekian banyak postinganya pasti ada sebagian yang akan menjadi favorit pembaca.

Kesimpulannya , kualitas konten blog itu sangat penting tetapi kuantitas atau jumlah postingan juga penting. Karena kelihatan sekarang rangking Alexa pro kepada blog dengan kuantitas posting blog yang banyak, jadi jangan heran jika blog atau berita Alexa nya cepat mengecil. Tetapi jangan kecil hati kita dapat terus menulis dan menulis. Jangan takut salah karena di awal pasti kita mengalami. Akhirnya sekian dulu dan selamat menulis.

9 komentar:

  1. Satu hambatan gan, biasanya konten yang berkualitas dan berkuantitas menjadi incaran para blogger-blogger nakal (sekedar copas)

    BalasHapus
  2. lebih baik lagi kalo kuantitas oke dan diiringi orisinalitas (ga copas) ..

    BalasHapus
  3. Memang di perlukan mental yang baik bagi pembaca, walaupun copas minimal menyebutkan asal tulisan, oke makasih kunjungan ya mas.

    BalasHapus
  4. iyah gan memang di perlukan mental yang baik dan kuat ;D

    BalasHapus
  5. andaisaja kalau kita bisa dengan mudah membuat banyak konten yang berkualitas pasti lebih bagus ni tapi itu rasanya tidak gampang..
    terima kasih atas pencerahannya dan salam kenal..

    BalasHapus
  6. Memang benar kualitas konten mengalahkan kuantitas, tapi akan lebih baik jika kualitas konten dengan kuantitas,

    jika kita mampu mendatangkan pengunjung dengan 1 kualitas konten terbaik, bayangkan jika dengan 5 kualitas konten terbaik.

    yah,, memang yang seperti itu sulit, tapi jika mau berusaha pasti bisa !!

    terimakasih artikelnya mas !! semangat !!

    BalasHapus
  7. Untuk mas Jefry saya senang jika artikel ini bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  8. Kang Kiki , jika kita bisa membuat konten bagus-bagus kayaknya kita tidak usah khawatir jika pengunjung blog kita sedikit, dengan konten yang baik pengunjung akan kesem-sem blog kita, masalahnya membuat konten baik tidak mudah.

    Apabila koten bagus banyak di blog kita saya rasa kita akan kebanjiran pengunjung yang senantiasa akan antri, semoga blog kita menjadi blog yang di penuhi konten yang baik ya kang. makasih kunjungannya ya kang.

    BalasHapus