LINTASIANA

↑ ,

Manusia Tidak Ada Yang Sempurna


Manusia hidup bersosialisasi memang perlu tetapi terkadang menimbulkan masalah tersendiri. Kadang kita hidup dalam keadaan kaya tetapi sedikit teman karena sedikit berinteraksi . Ada orang kaya tetapi kesehatannya terganggu, ada yang meraih kesuksesan tetapi tidak mempunyai waktu.

Itulah dinamika kehidupan di dunia ini. Semuanya serba fana tiada yang sempurna. Perhatikanlah disekeliling kita benar-benar tiada yang sempurna. Selalu saja ada kekurangannya di emban setiap orang. Sebaliknya orang yang kita anggap lemahpun mempunyai kelebihan. Kadang orang buta yang kadang kita anggap buta saja masih mempunyai kelebihan, mungkin dia mempunyai suara emas, hati emas atau otak yang brilian. Orang miskin yang di pandang rendah dan sepele masih mempunyai kelebihan, mungkin kaya hatinya dan peduli pada sesama serta ikhlas beramal.

Jadi didunia ini kita tidak selayaknya mencari aib dan salah teman, tetangga atau kerabat kita. Karena ketika kita mencari kesalahan orang lain sesungguhya kita menunjukan kesalahan dan aib kita sendiri pada orang lain serta menunjukan kebodohan kita pada Tuhan. Kita tidak perlu mencari kesalahan orang lain akan lebih bijak apabila kita mencari kelemahan diri kita alias mengintrospeksi diri lalu memperbaiki untuk menjadi lebih baik. Orang yang mengetahui dirinya mempunyai kesalahan biasanya takkan gegabah menyalahkan orang lain dia akan bersikap hati-hati dan tidak sombong. Kalau kita mengejek orang lain berarti kita mengejek yang menciptanya yaitu: Allah Swt, jadi kalau sudah begitu berarti dosa.

Jadi kita sesungguhnya tidak perlu malu dan rendah diri karena keadaan kita. Mungkin kia malu karena berkulit hitam. Mungkin kita malu atau minder dengan tubuh tambun kita. Atau kita minder karena kemiskinan kita. Sebenarnya rendah diri tak perlu ada pada diri kita. Karena kita sama semua. Sama-sama makan nasi, sama-sama dilahirkan oleh seorang ibu sama-sama minum ASI seorang ibu dan yang terpenting kita sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan orang lain . Sesungguhnya bila kita rendah diri kita tidak mensyukuri nikmat ciptaanNya, yang biasanya bakal menghambat perkembangan kita. Jika sudah demikian bakat kita tidak berkembang dan keluh kesah yang akan dilakukan.

Percayalah manusia itu sama di mata Tuhan hanya amal dan taqwa yang membedakannya. Karena manusia tidak ada yang sempurna. Jadi tidak ada yang patut di sombongkan di mata Allah Swt . Jadi hiduplah normal , rendah hati dan taat kepadaNya agar jadi orang yang bertaqwa.


0 komentar:

Posting Komentar