LINTASIANA

↑ ,

Angkutan Kapal Laut Yang Menyenangkan


Angkutan kapal laut boleh jadi kini banyak ditinggalkan oleh penumpang tradisionalnya. Hal ini terjadi sejak adanya persaingan dengan moda angkutan udara yang kini relatif murah dengan waktu yang ditempuh juga lebih cepat. Fasilitas yang ditawarkan pesawat udara juga lebih nyaman dari lebih nyaman dari pada kapal laut. Keamanan juga menjadi pilihan yang menjanjikan kenyamanan.

Kapal laut sebenarnya memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

1. Tempat lebih lapang di dalam kapal laut sehingga penumpang dapat jalan leluasa
2. Dapat menikmati pemandangan laut yang bagus di banding pesawat udara
3. Ongkosnya relatif lebih murah tanpa pusing dibebani port tax yang relatif besar
4. Lebih bisa bersosialisasi dengan penumpang yang lainnya.

Jadi sebenarnya jika angkutan laut ditata lebih baik dan efisiensi agar dapat menekan biaya sehingga ongkosnya relatif terjangkau. Memang perlu kerja keras pengelola kapal laut dalam meningkatkan kualitas pelayanannya agar senyaman angkutan udara. 

Angkutan laut ini sebenarnya lebih unggul ketimbang angkutan darat karena resiko kecelakaanya yang relatif kecil , belum lagi tingkat kemacetan lalu lintas darat relatif lebih besar. Penulis yakin jika pengelola angkutan laut serius meningkatkan kualitas pelayanan dan dukungan pemerintah lebih besar dapat menarik konsumennya yang pada akhirnya dapat mengurangi kemacetan jalan raya. Dimana pertumbuhan kepemilikan mobil tidak sebanding dengan pertumbuhan panjang jalan. Dengan keadaan demikian pemerintah harus serius menata infrastruktur jalan . Pemerintah seharusnya juga punya pemikiran besar dalam pembangunan infrastruktur besar hingga sepuluh tahun kedepan bukan hanya sibuk berkutat dalam masalah internal partai saja. Pemutakhiran angkutan massal harus segera di wujudkan. Karena sepertinya pemerintahan yang selama ini berkuasa tidak pernah memikirkan.

Lihatlah betapa memperihatinkannya fasilitas terminal kapal laut, sehingga calon penumpang enggan berpergian menggunakan kapal laut. Kapan terwujud angkutan kapal laut yang menyenangkan layaknya kapal pesiar?

Pemerintah harus bermimpi besar dan berani mewujudkannya.










0 komentar:

Posting Komentar