LINTASIANA

↑ ,

Andaikan Dana Kampanye untuk Membantu Rakyat Miskin


Hiruk pikuk kampanye Parpol mulai terdengar. Baliho caleg sudah berdiri dimana-mana. Mendadak para caleg menjadi dermawan menyumbang sana sini demi mendapat simpati pemilih agar sukses menjadi legislatif tentunya. Sebenarnya berapa banyak dana kampanye caleg yang digelontorkan tiap caleg? Dalam sebuah wawancara di sebuah tv terungkap bahwa si caleg ada yang (rela) mengeluarkan milyaran rupiah untuk dana kampanye.


Penulis mencoba menghitung dana kampanye secara kasar saja begini. Jika setiap partai yang berjumlah 12 partai mempunyai 10 calon saja di tiap kabupaten berarti ada 120 calon, jika dana kampanyenya perorang seratus juta maka ada 12 milyar dana kampanye di hamburkan di 1 kabupaten per daerah pemilihan. Jika tiap kabupaten ada 4 dapil maka ada 48 milyar dana tersebur. Belum lagi caleg propinsi dan nasional pasti lebih besar dananya karena lebih luas cakupan pemilunya.


Andai saja dana tersebut digunakan untuk kegiatan riil maka hasilnya pun akan lebih nyata. Tidak hanya dikoyak, diinjak dan dibuang seperti baliho tersebut. Semoga para caleg lebih bijak menggunakan daa kampanyrnya agar tak sia-sia.

0 komentar:

Posting Komentar