LINTASIANA

↑ ,

Dialek Medan Memang Beda



Menyimak nuansa bahas Indonesia memang menarik. Penerapan dan dialek bahasa Indonesia tiap daerah akan selalu berbeda. Nah kali ini saya mencoba menulis dialek bahasa Indonesia yang unik di Medan. Ada beberapa contoh kata yang berbeda makna di daerah Medan dengan daerah lain, contoh:

1.      Pajak, arti bahasa Indonesia baku adalah suatu kewajiban atau retribusi yang dibayarkan warga negar kepada Negara tetapi di Medan berarti tempat bertemunya penjual dan pembali untu bertransaksi atau dalam bahasa Indonesia baku adalah pasar. Warga Medan menyebut pasar dengan kata pajak, contoh ; pajak Petisah, pajak Sambu, pajak Sukaramai. Sedangkan kata pasar di Medan bermakna jalan raya umum, contoh kalimatnya adalah Janganlah kalian bermain di pasar nak, berbahaya.

2.      Kereta, kata kereta bila di daerah pulau Jawa berarti kereta api. Namun di Medan bermakna sepeda motor. Contoh dalam kalimat : saya datang mengendarai kereta bersama istri saya. Sedangkan makna kata motor yang di Jakarta bermakna sepeda motor di Medan bermakna mobil. Unik memeng dialek Medan.

Sedangkan kata-kata lain yang bermakna berbeda di medan adalah:

-         Warga Medan di medan berubah menjadi Orang Medan
-         Kelas sekolah di medan berubah menjadi local sekolah
Demikianlah posting singkat saya ini semoga dapat menambah pengetahuan tentang dialek Medan bila suatu saat berkunjung ke Medan atau mempunyai teman yang berasal dari Medan. Sekian dulu dan horas.

0 komentar:

Posting Komentar