LINTASIANA

↑ ,

Ayo Atasi Banjir Jakarta Bersama



Jika curah hujan besar biasanya para petani akan senang karena dapat bercocok tanam padi. Tanaman akan hijau karena cukup pasokan air. Alhamdulillah terucap dari mulut mereka.

Tetapi keadaan jauh berbeda dengan penduduk DKI Jakarta, jika curah hujan besar justru akan membawa masalah karena maklumkah penduduk DKI sebagian besar memang bukan petani. Yang akan menjadi masalah karena hujan biasanya akan berakibat banjir yang memang telah menjadi masalah pokok orang Jakarta. Biasanya banjir menggenangi semua wilayah rendah di Jakarta semisal Kampung Pulo dan Kampung Melayu serta Kalibata.

Memang Banjir ini timbul karena ulah manusia yang melaksanakan pembangunan secara serampangan. Kebiasaan buruk membuang sampah di sungai atau selokan memang kerap menjadi awal terjadinya banjir. Seperti diketahui Jakarta terletak didataran rendah banyak sungai bermuara di sana. Lihatlah jika kali Ciliwung penuh pasti banjir terjadi.

Sebenarnya banjir di Jakarta dapat diminimalisasi jika bersama mau mengatasi. Hijaukan puncak Bogor sana agar air hujan terserap tanah sehingga mengurangi debit air yang mengalir langsung ke sungai sekarang malah ramai-ramai dijadikan villa . Jakarta banyak orang pintar dan sekolahnya tinggi pasti tahu jika daerah serapan air di pakai pasti dampaknya buruk malah yang lebih parah bisa terjadi tanah longsor, dimana para ahli yang paham hal ini?

Janganlah daerah resapan air dijadikan perumahan karena kalau daerah resapan air tidak ada air mau ditampung pakai apa? Yang pasti perumahan penduduk yang menampungnya. Sadarlah.

Pada penduduk Jakarta mulai sekarang sadarlah jika membangun sesuatu karena jika serampangan pasti berakibat buruk pada masalah banjir. Buanglah sampah pada tempatnya, peliharalah kebersihan sungai, Perbanyak tempat penampungan air seperti danau sunter itu jangan hanya memperbanyak bangun apartemen sebagai simbol kemewahan jika banjir nggak guna, Peliharalah kehijauan puncak bogor karena merupakan pertahanan untuk cegah banjir. Jika mengharapkan hanya pada Jokowi itu terlalu berlebihan karena kesadaran penduduk Jakarta sangat penting. Semoga kesadaran cepat datang pada penduduk Jakarta agar banjir mereda dekemudian hari, Amin.

sumber gambar: citraindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar