LINTASIANA

↑ ,

Cita-Cita Adalah Cetak Biru Masa Depan

Hal yang paling menyenangkan adalah saat-saat kita masih duduk dibangku sekolah terutama SMA seakan memori otak kita akan tumpah ruah ini. Masa putih abu-abu ini penuh ceria , canda dan kompak. Setelah lulus SMA biasanya semua masing-masing sibuk dengan urusan . Ada yang melanjutkan Kuliah di luar negeri, ke Jakarta, Yogya atau mungkin tetap bertahan di kota masing-masing.

Nah setelah rentang waktu berlalu sekian lama entah 5 tahun, 10 tahun ketika diadakan reuni SMA maka keadaan  teman-teman SMA pasti akan jauh berubah. Ada yang bekerja di perusahan PMA yang bonafid dengan gaji yang besar, ada yang jadi polisi, guru, dokter atau mungkin ada yang jadi pengangguran.

Hal ini bisa terjadi kehendak dari Yang Maha Kuasa. Menurut pengalaman saya , usaha dan cita-cita juga dapat mendukung keberhasilan masa depan kita. Ada sebuah pepatah bijak yang mengatakan " Jika kita bersungguh-sungguh Tuhan akan meminjamkan tangannya." Ini artinya bahwa jika kita memang serius dalam beusaha dengan apa yang kita inginkan Isya' Allah akan berhasil. Jika yang kita cita-citakan hal yang kecil maka hal kecil jua yang kita dapatkan.

Saya ingat ketika atasan saya yang bernama bapak Mardiofi yang sekarang menjabat sebagai GM disebuah depo peti kemas berkisah. Beliau sejak kecil penuh derita bahkan ketika sekolah telah ditinggal wafat ayahnya. Ayahnya yang perokok berat tersebut anak yang masih kecil-kecil. Untuk membantu sang Ibu membiaya sekolah beliau rela berjualan dan bekerja serabutan demi mendapatkan uang. Bahkan setelah tamat SMA sempat menganggur sebelum akhirnya melajutkan kuliahnya. Dari pribadinya yang cerdas, disiplin dan supel beliau mampung meraih impiannya menjadi orang sukses.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kita memang perlu mempunyai cita-cita yang besar agar motivasi kita mencapai juga besar. Karena memang cita-cita merupakan cetak biru masa depan kita. Biasanya apa yang kita cita-citakan itulah yang kita dapat, minimal mendekati. Tetapi ingatlah, apapun yang kita cita-citakan kita harus berusaha keras dan bersungguh mencapainya dan jangan lupa berdoa pada Allah Swt. Niscaya keinginan kita bakal terkabul.

2 komentar: