LINTASIANA

↑ ,

Awal Ramadhan 1434 H 10 Juli


Sidang Itsbat penetapan 1 Ramadhan 1434 H telah usai dilaksanakan pukul 19.30 wib ini di hadiri sejumlah ormas Islam. NU, Al Washliyah, Persis termasuk yang menghadiri sidang tersebut. Ormas terbesar yaitu Muhammadiyah tidak menghadiri sidang tersebut dan telah menetapkan 1 Ramadhan tanggal 9 Juli.

Sidang yang membahas penetapan 1 Ramadhan mendengarkan laporan pengamatan hilal di sejumlah wilayah Indonesia. Laporan sejumlah ahli hisab dari sejumlah ormas tidak melihat hilal . Dari hasil pengamatan hilal masih nol koma lima puluh enam derajat, sementara pemerintah menetapkan standar dua derajat. Sementera Muhamaddiah menetapkan standar penetapan hilal nol derajat. Sehingga setelah mengumpulkan pengamatan sejumlah Astronom tersebut Menteri Agama Suryadarma Ali menetapkan 1 Ramadhan 1434 H jatuh pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2013.

Walaupun terjadi perbedaan awal Ramadhan tetapi hal itu tidak menjadi perpecahan. Mungkin perlu persamaan persepsi kedepannya para ahli hisab menentukan standar penentuan hilal awal Ramadhan dan 1 Syawal. Sehingga awal Ramadhan dan 1 Syawal akan serentak. Bukankah bersatu itu indah?

0 komentar:

Posting Komentar