LINTASIANA

↑ ,

Bagaimana Membuat Blog Menarik?


Bismillah
Pembaca blog saya yang budiman dan para pakar menulis yang terhormat izinkanlah kali saya posting Bagaimana Membuat Blog Menarik? Mempunyai blog dengan tampilan yang baik tentu akan menyenangkan apalagi berisi konten yang menarik dan di banjiri pengunjung merupakan impian para blogger. Tetapi tahukah anda membuat blog baik dan disukai pembaca tidak mudah? Apalagi lingkup pembaca itu juga luas dan berbeda-beda seleranya. Ada yang mau isi blognya ini , itu atau ada yang mau tampilannya begini ada yang maunya begitu. Belum lagi bagaimana triknya agar loadingnya cepat atau tampilannya menarik.
Menurut pengalaman saya baik ketika membuat blog atau blog walking di blog sangat banyak variasi dan model blog di jagad ini terkadang kita terkagum melihatnya. Ada blog yang memang baik karena tampilannya contohnya blog kang rohman yang berisi tutorial ngeblog dari nol sampai afdol. Ada blog yang baik karena tampilannya keren atau isi foto-fotonya beken.

Oleh karena itu dalam ngeblog ini kita belajar step by step, jangan takut untuk bertanya dan jangan takut salah. Karena apapun profesi kita kita akan canggung atau melakukan kesalahan tetapi kita harus tetap maju. Walaupun kita mengagumi master blogger idaman kita tetapi dalam menulis kita harus bangga sebagai diri kita dan gaya kita. Ingatlah sebaik apapun blog kita jika cuma copy paste alias copas tidak bisa dipertanggung jawabkan dan tidak bisa dibanggakan dan Google tidak suka blog copas. Bisa saja blog copas kita di banned mbah Google. Sesungguhnya mbah Google lebih menyukai karya asli, karena karya asli merupakan jerih payah yang patut di hargai. Copas itu seperti kelakuan kala sekolah dulu, bukankah hasil mencontek kita tidak bertambah ilmunya dan merupakan sikap pembodohan diri?

Tulisan awal memang tak akan bagus karena segala sesuatunya jika di awal takkan ada yang sempurna. Jalan keluarnya ya kita harus terus menulis belajar menulis dan menulis. Setelah itu perhatikan tampilan blog kita, apakah menarik menurut kita atau teman-teman kita. Pilihlah template blog yang ramah terhadap mata dan SEO juga perlu. Biasanya template berlatar belakang putih ramah terhadap mata. Jika tampilan blog kita terlalu mencolok akan menyilaukan mata sehingga pembaca tidak nyaman , kecuali jika blog itu blog game yang perlu tampilan menarik untuk menarik perhatian pengunjung yang umumnya anak dan remaja..

Yang paling penting adalah isi blog atau konten blog. Konten blog untuk anak akan berbeda dengan tema blog remaja. Mungkin yang satu ingin main game yang satu ingin main facebook. Walaupun bukan segalanya tetapi isi blog merupahkan roh suatu blog , banyak blog yang kontennya yahud dan berguna stabil pengunjungnya dan bertahan di papan atas google. Walaupun temanya sederhana jika di sajikan dengan berkualitas dan menarik akan terasa enak di baca. Ibarat masakan kampung jika chef terkenal yang menyajikan maka hasilnya akan berbeda. Isi yang bermanfaat bagi pembaca biasanya akan banyak dicari apalagi konten blog tersebut menjadi referensi pembaca maka pengunjung blog akan rela bolak-balik membaca blog kita. Tetapi sekali lagi tema menarik berbeda untuk tiap pribadi menurut kebutuhan. Jadi yang perlu kita lakukan adalah menulis dengan sungguh-sungguh dan bermanfaat bagi pembaca. Ingatlah jika kita bersungguh-sungguh Tuhan akan meminjamkan tangannya pada kita. Kerja keras kita pasti akan menghasilkan yang baik.

Tetapi jangan lupa mendaftarkan blog kita di search engine atau mesin pencari misalnya google atau yahoo agar dapat ditemukan pembaca. Percuma walaupun tulisan kita bagus tetapi jika tidak ditemukan pembaca akan mubazir. Demikian tulisan ini semoga bermanfaat. Mohon maaf bagi para blogger senior dan para master tulisan ini bukan bermaksud menggurui tetapi merupakan kreasi pemula.










2 komentar:

  1. Artikel yang bermanfaat, ijin dicoba nih...... kalo soal widget blogger yang menarik itu bisa diambil di web mana yah??? thx, visit juga www.ipb.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kunjungannya mas, kalau widget blogger yang menarik ke web www.tutorial-blogger.com disana dijelaskan a-z, ok saya akan kunjungi web mas

      Hapus