LINTASIANA

↑ ,

Indahnya Pemandangan Di Ketinggian Alat

Awal bulan Desember saya kebetulan berkunjung ke Belawan Internasional Container Terminal (BICT) , terminal petikemas yang diperkuat dengan 11 Container Crane (CC) dan dua buah Mobile Habour Crane sebagai alat bongkar muatnya.

Kebetulan saya sempat menaiki keatas CC sehingga terlihat pemandangan indah di sekelilingnya yang di penuhi laut dan petikemas. BICT merupakan terminal petikemas di jajaran Pelindo-1 yang mengelola pelabuhan di Propinsi Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Riau dan Kepulauan Riau. Tahun 2012 hingga awal Desember telah mencapai produksi hampir 700 ribu teus.

Kembali kepemandangan dari atas alat terus terang saya masih merasa ngeri karena kami berada di ketinggian 20 meter lebih dari permukaan tanah. Melihat kapal berseliweran di laut , akan merapat, melihat alat CC mengangkat petikemas sungguh pengalaman baru.

Dengan alat inilah CC dan MHC bisa mempercepat kinerja bongkar muat petikemas yang berisi barang kebutuhan pokok dan bahan baku industri. Pantas saja pelabuhan menjadi salah satu barometer tingkat kemajuan ekonomi, karena jika cepat kinerja akan berpengaruh pada tingkat tinggi rendahnya biaya yang harus dikeluarkan industri.

Sungguh pengalaman baru yang baik semoga berguna dikemudian hari, demikian dulu pembaca semoga lain kali ada cerita lain yang menarik.

0 komentar:

Posting Komentar