LINTASIANA

↑ ,

Tradisi Halal Bi Halal


Kecerian Idul Fitri memang tak lepas dari kegiatan saling kunjung ke sanak keluarga, teman , tetangga dan sahabat kita. Saling mengunjungi dari rumah ke rumah merupakan pemandangan yang lumrah dalam merayakan Idul Fitri. Sungguh merupakan kegiatan bagus karena pada prinsipnya lebih mempererat silaturahmi yang memang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Tetapi yang lebih afdhol dan terbaik adalah mengerjakan puasa Ramadhan sebulan penuh dengan penuh keimanan dan keikhlasan, di samping itu di iringi dengan mengerjakan ibadah malam ramadhan yaitu mendirikan sholat tarawih, tadarus al quran , sholat tahajud memperbanyak salawat, tasbih dan zikir karena pahala ibadah bulan Ramadhan memang luar biasa. Jadi seyogyanya kita melaksanakan puasa ramadhan untuk menyucikan diri dari dosa kepada Allah sedangkan halal bi halal adalah menghilangkan dosa pada sesama. Jadi jika tidak melaksanakan puasa ramadhan dengan sempurna maka kita hanya mendapat fadhilah hapus dosa pada sesama.

Kebiasaan halal bi halal ini sungguh tradisi yang baik, karena dengan halal bi halal ini kita dapat saling memaafkan kesalahan pada sesama bahkan dengan acara halal bi halal dapat menghapus dosa lama kita pada teman, sanak saudara, tetangga yang lama tak berjumpa. Dari asal katanya halal bi halal yang kira-kira artinya saling menghalalkan atau saling memaafkan. Jadi alangkah beruntungnya orang-orang yang berpuasa dan beramal ibadah di bulan ramadhan serta dapat berhalal bi halal kepada teman, saudara dan tetangga maka akan hapus dosa pada Allah dan sirnalah dosa-dosa pada sesama manusia, subhannallah. Siapa yang mau menjadi bersih dan fitrah di bulan syawal? Maka laksanakan ibadah puasa ramadhan dan halal bi halal.

Semoga di bulan yang fitri ini kita dapat melaksanakan halal bi halal secara maksimal agar hapus dosa kita pada sesama manusia sehingga lebih terjalin erat silahturahim. Karena mempererat silahturahim besar pahalanya dan menambah rezeki kita. Semoga kita dapat lebih meningkatkan amal kita di bulan syawal ini karena arti dar bulan syawal adalah peningkatan. Janganlah kita banyak ibadah hanya di bulan ramadhan karena hakikatnya ramadhan bulan latihan yang akan menjadi penyemangat di bulan lainnya. Marilah kita buang dendam dan benci kita ulurkan tangan kita saling bermaafan. Selamat Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin syiamanaa wa syiammakum.



0 komentar:

Posting Komentar