LINTASIANA

↑ ,

Bandara Kualanamu , Bandara Kebanggaan Sumut


Bila kita berbicara tentang arus transportasi maka di era milenium ini transportasi udara menjadi angkutan primadona. Angkutan udara menawarkan kenyamanan dan kecepatan yang tidak ditawarkan moda transportasi lain. Kita dapat menempuh jarak ribuan kilometer dalam hitungan jam. Tidak heran perkembangan angkutan pesawat udara berkembang pesat. Cepat menentang waktu efisiensi di pengeluaran biaya.

Maka tak heran setiap daerah berlomba membangun bandara canggih agar dapat di landasi pesawat komersil besar dan canggih. Sehingga jika infrastruktur baik arus manusia akan lancar dan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Bandara dapat mempercepat pertumbuhan daerah dengan pesat. Biasanya bandara menjadi pioner industri, bandara akan dikelilingi hotel bagi penumpang yang perlu penginapan, tempat makan bagi yang lapar, oleh-oleh bagi yang keluar daerah, taxi yang memerlukan angkutan.

Demikian juga Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) sebagai pengganti bandara Polonia yang sudah tidak layak itu karena letaknya di inti kota Medan. Bandara Kualanamu dirancang modern yang meniru bandara ala Korea. Bandara yang kini tercatat sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia ini sontak menjadikan idola baru bagi warga Sumut. Tak heran jika Kualanamu yang awalnya merupakan daerah perkebunan yang sunyi di wilayah mendadak ramai dan menjadi tujuan wisata baru. Walaupun akses jalan masuk sebagian belum selesai tetapi tidak mengurangi rasa bangga warga atas keberadaan bandara ini.

Bandara ini modern dan bakal jadi bandara yang terintegrasi dengan berbagai moda transportasi. Lihatlah kereta api cepat telah menyinggahi bandara ini dengan Railink hingga masuk ke dalam bandara, bus juga masuk ke bandara ini dari Binjai , dalam kota Medan juga untuk mempermudah akses masuk bandara mungkin hanya jalan tol yang belum selesai mendukung akses bandara ini. Bandara ini diharapkan menjadi pintu gerbang Sumatera Utara dan dapat membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi terutama sekali di daerah sekitar. Walaupun bandara ini perlu sentuhan dan polesan terbaik agar menjadi bandara kelas dunia. Sehingga Sumut dikenal karena kemajuan ekonominya bukan karena korupsinya.


0 komentar:

Posting Komentar