LINTASIANA

↑ ,

Menantikan Angkutan Umum Yang Nyaman


Problema pelik lalu lintas di negeri ini tak ada habis-habisnya. Mulai dari sarana dan prasarana jalan yang kurang memadai , jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan membuat jalanan macet. Kita pun merasa tak nyaman berkendara menempuh sebuah tujuan. Memilih kendaraan umum yang murah malah menambah masalah tidak nyaman, kurang aman dan berdesak-desakan , belum lagi kemungkinan diturunkan ditengah jalan bila penumpang sedikit.


Seharusnya memang ada angkutan massal yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan trasnportasi yaitu angkutan umum. Sayang sekali dinegeri ini angkutan umum kurang mendapat perhatian serius dari penguasa. Belum ada di kota manapun di negeri ini yang memiliki angkutan kota yang nyaman bagi penumpang. Hanya Jakarta yang masih merintisnya dengan transjakarta dan monorel namun kurang mendapat dukungan. Padahal tujuannya baik agar kemacetan kota ini namun kesadaran warganya masih berkurang.


Belum ada trim kota yang meluncur di pusat kota. Yang ada hanya warga yang memamerkan mobilnya. Padahal di Belanda warganya berlomba-lomba naik sepeda, jalur sepeda diistimewakan. Di negeri ini jangankan jalur sepeda jalur mobil sajapun kupak kapik. Padahal jika angkutan umum baik warga menggunakannya maka kemacetan tidak terjadi dan konsumsi BBM dapat dihemat. Karena mungkin pemimpin kita lagi sibuk mewngurus partainya maka tak sempat mengurus angkutan umum. Jadi maklum saja jika armada bus yang tak layakpun masih jalan. Negeri ini memang lemah dalam pengawasan. Kadang naik angkot seperti naik tronton. Tak nyaman.


0 komentar:

Posting Komentar