LINTASIANA

↑ ,

Hikmah Puasa Arafah


Para pembaca yang budiman dalam tulisan ini saya membagi sedikit ilmu yang saya dapatkan dari guru saya. Seperti diketahui sebentar lagi lebaran Idul Adha tiba alangkah baiknya kita mengetahui beberapa amalan yang sangat baik kita laksanakan. Adapun amalan-amalan yang baik di bulan Zulhijah ini antara lain: puasa Arafah, sholat Idul Adha dan berkurban.


Kali ini saya mencoba menguraikan sebagian Puasa Arafah yang sangat baik fadillahnya karena dapat menghapus dosa-dosa kita satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Jadi begitu besar bukan pahala yang terkandung di dalamnya. Alangkah baiknya kita tidak melewatkan amalan puasa Arafah yang biasanya jatuh tanggal 9 Zulhijah . Sangatlah baik menambah amalan kita dengan amalan sunat yang akan mendukung amalan wajib kita. Janganlah kita menyia-nyiakan amalan sunat atau menyepelekan amalan sunat. Kita tidak tahu amalan mana yang diterima Allah Swt. Janganlah bosan kita mengingat Allah Swt sebagaimana Dia tidak bosan melimpahkan rahmatnya pada kita. Puasa baik bagi kesehatan kita, baik kesehatan jasmani maupun rohani. Puasa juga melatih kesabaran. Puasa membentuk insan tangguh yang dapat menahan nafsu dan insan sehat. Puasa dapat mempertebal ukhuwah islamiah terhadap kaum miskin karena kita dapat merasakan rasa sakitnya orang-orang ketika mengalami kelaparan. Puasa yang kita lakukan dapat membentuk disiplin insan tangguh. Puasa juga melatih kejujuran diri setiap muslim.


Itulah sebagian kecil manfaat puasa Arafah yang kita ketahui dengan ilmu kita yang masih sedikit ini. Masih begitu banyak misteri manfaat puasa Arafah yang belum kita ketahui. Jadi alangkah sayangnya untuk dilewatkan manfaat puasa Arafah ini. Semoga kita dapat melaksanakan dan semoga kita dapat manfaat dan ridhoNya agar kita menjadi insan yang soleh. Amin ya Robbal Alamin.

0 komentar:

Posting Komentar