LINTASIANA

↑ ,

Makna Isra' Mikraj


Peringatan Isra' Mikraj mempunyai arti penting bagi umat Islam. Peringatan yang dilaksanakan untuk mengenang peristiwa diperjalankannya Rasulullah SAW pada malam 27 Rajab dari Masjidil Haram ke Masjidi Aqsa di Palestina dan menerima perintah sholat wajib dari Allah di langit, ini hanya berlangsung satu malam.

Kala itu banyak kaum kafir menganggap peristiwa tersebut mustahil dan lelucon belaka karena jarak dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa butuh berbulan-bulan menempuhnya sedangkan Rasulullah hanya butuh waktu satu malal.

Disinilah ujian bagi orang beriman kala itu untuk mempercaya peristiwa itu. Maka jika imannya tak kuat maka ia kembali kafir. Namun jika imannya kuat maka bertambah mantaplah keimanannya.

Namun seiring kemajuan zaman semua itu terlihat menjadi nyata. Karena kini jarak ribuan kilometer dapat ditempuh dalam hitungan jam. Bahkan luar angkasapun dapat diarungi.

Peristiwa Isra' Mikraj seakan memberi makna pelajaran berharga. Peristiwa ini seolah menggambarkan bahwa jarak suatu tempat akan dapat ditempuh dalam waktu singkat, ini telah terjadi kini dengan adanya pesawat terbang dan pesawat luar angkasa. Bulan Rajab menjadi bulan yang dikhususkan Allah untukNya selain bulan Sya'ban dan Ramadhan. Di bulan Rajab ini umat Muslim di anjurkan memperbanyak puasa karena besar faedahnya. Karena disurga kelak ada sungai Rajab yang diperuntukan bagi orang-orang yan menjaga puasa Rajab. Semoga bulan Rajab dan peringatan Isra' Mikraj ini menjadi momentum untuk lebih mendekatkan diri pada Ilahi agar hidup kita di berkahi dan diridhoi Allah Swt. Amin



2 komentar:

  1. semoga peristiwa isra' miraj senantisa mengingatkan kita tentang kekuasaan Allah SWT..amiin

    BalasHapus
  2. Semoga peringatan Isra' Mikraj dapat menambah keimanan kita pada Allah. Makasih kunjungannya mas Aulawi Ahmad

    BalasHapus