LINTASIANA

↑ ,

Sensasi Pacu Adrenalin Arung Jeram Bah Bolon

Sabtu akhir pekan diakhir bulan tanggal 27 September 2014 kebetulan perusahaan kami mengadakan liburan. Liburan kali ini dipilihlah konsep liburan yang disepakati beda dari biasanya dan cukup menantang yaitu arung jeram sungai. Kebetulan arum jeram yang dipilih adalah arung jeram di sungai Bah Bolon di pantai Ancol kecamatan Sipispis kabuupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara karena lokasinya yang tidak terlalu jauh. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan darat dari Medan . Menuju lokasi arung Jeram dapat melalui kota lemang Tebing Tinggi kemudian melalui jalan perkebunan Gunung Pamela yang memakan waktu 1 jam lebih menuju pantai Ancol yang merupakan home base ke arung jeram Bah Bolon. Di sepanjang perjalanan kita di suguhi pemandangan perkebunan sawit dan perkebunan karet. Sungguh segar udaranya. Di pantai Ancol ini kita mengganti pakaian kita dengan pakaian "basahan" sembari memakai rompi jaket, helm sebagai alat pengaman diri dari bebatuan dan derasnya arus serta memilih dayung untuk mendayung di perahu karet.

Selanjutnya rombongan kami yang berjumlah 40an orang ini di antar menggunakan truk bak terbuka menuju hulu sungai yang berjarak sekitar 14 kilometer perjalanan dengan jarak tempuh 1 jam perjalanan, sebuah sensasi alami pedesaan yang hebat, semua sama tidak ada atasan maupun bawahan disini. Tibalah kita dititik awal arung jeram di desa Huta Bayu yang sejuk. Kita menuruni lembah yang curam yang licin yang sebagian tanpa alas kaki alias nyeker melewati jalan setapak dengan berjalan kaki sekitar setengah jam. Setelah sampai di sungai Bah Tamal kita menaiki perahu yang kita pilih dengan berkelompok. Setiap perahu bisa terdiri 6 orang atau 4 orang ditambah seorang skipper atau supir perahu yang berasal dari Ancol Arung Jeram sebagai pengelola objek wisata ini , kelompok kami terdiri dari 9 perahu. Setelah memilih perahu kita diberi arahan mengenai teknik dasar arum jeram, cara memegang dayung dan hal lain petunjuk keselamatan. Wisata ini aman asal mengikuti aturan dan memakai alat keselamatan standar yang dianjurkan.

Kami memulai mendayung melewati arus deras sungai. Karena kami tidak pernah mendayung perahu maka kami sempat panik ketika awalnya melewati arus deras. Tidak berapa lama kami disuguhi pemandangan indah sebuah air terjun bernama Bagula yang tingginya sekitar 10 meter yang indah dan sejuk, indah untuk lokasi foto dan yang paling asyik kita di suruh mengayuh dayung melawan derasnya arus deras air terjun ini menuju pusat cucuran air yang jatuh kesungai , berat memang tetapi jika dapat mencapai jatuhnya air cucuran tersebut rasanya mantap bok seperti mandi dishower yang sangat besar, mak nyus rasanya.

Kemudian perjalanan di lanjutkan melewati arus yang beragam jenisnya. Ada yang arus tenang di kelilingi pemandangan tebing bebatuan yang Masya Allah indahnya dikanan kiri sungai yang konon juga banyak monyet yang biasanya nongkrong di pohon-pohon sekitar sungai. Sungai Bah Bolon terbentuk dari pertemuan dua sungai yaitu sungai Bah Tamal dan sungai Kulistik nanti kita akan melihat keindahan pertemuan kedua sungai tersebut yang biasanya akan di tunjukan sang skipper. Karena bebatuhan sungai yang banyak menyebabkan aruspun menjadi deras.

Kembali ke arus sungai atau jeram tadi ternyata terbagi beberapa level jeram yang dinamakan Mikey masuk level 2 , jeram Sihorbo masuk level 3 , jerem Ngehek kategori level 3 serta jeram Roll Coaster kategori level 2 dan level 3. Dinamakan jeram Roll Coaster karena jeramnya panjang dan tidak terputus-putus , Jeram di sini sangat baik bagi pemula seperti kami karena arusnya masih jinak. Walaupun begitu pada saat melewati arus yang deras dan terjal detak jantung terasa kencang adrenalin kitapun terpacu takut perahu akan terbalik. Terlebih ketika melewati sebuah jeram yang paling deras kami banyak terlempar dari perahu. Terlihat wajah-wajah pucat pasi saat momen perahu terbalik menjadi momen mendebarkan sekaligus lucu. Berbagai reaksi terlihat mulai wajah ketakutan, tertawa sampai kebingungan karena kehilangan dayung membuat suasana tambah riang. Setelah satu jam kita sampai di tepi sungai yang landai tempat makan siang bersama di laksanakan karena laparnya luar biasa makananpun ludes tak bersisa kami santap. Oh ya buang sampah di tempatnya agar sungai tetap bersih dan lestari. Di sinipun acara berfoto ria dilaksanakan baik berkelompok maupun selfie ria karena tempatnya oke banget.

Setelah kenyang kita melanjutkan perjalanan melewati jeram-jeram yang masih banyak. Kita dapat mencicipi minuman air segar dari mata air segar. Kita juga disuguhi pemandangan tepi sungai yang begitu indah. Ada "batu tahu" yang indah untuk berfoto ria merupakan keunggulan tempat wisata ini. Yang merupakan kebesaran ciptaanNya. Rugi bila terlewatkan. Ada juga tempat terjun bebas ke sungai yang tingginya sekitar 6 meter menjelang sampai tempat tujuan. Banyak yang terjun bebas di sana menguji nyali. Plong benar rasanya dan rugi bila terlewatkan bro.

Setelah 4 jam perjalanan berarung jeram ria di sungai Bah Bolon kami sampai di finish yaitu pantai Ancol. Disini kami mengembalikan peralatan arum jeram yang kami pinjam pakai tadi setelah itu bersih-bersih diri dan ganti baju serta sholat Ashar di musholah dan makan nasi lauk ayam goring kesukaan Upin Ipin ini plus sambel belacan serta sayur asam mantap rasanya karena kami memang kelaparan. Sekitar pukul 17 kami kembali ke Medan lewat jalan potong dari kota Galang . Rasanya cakep badan ini dan puas luar biasa. Wisata arung Jeram ini cocok bagi peserta kelompok yang ingin berlibur dari kantor, perusahaan, perkelompok atau keluarga besar.